Site Overlay

Benarkah TikTok Jadi Aplikasi Mata-Mata Pemerintah China?

JAKARTA — Presiden Amerika Serikat (AS) sudah mengeluarkan perintah untuk melarang aplikasi TikTok diunduh dari toko aplikasi di AS. Akan tetapi, hakim menangguhkan perintah tersebut hingga 12 November.

TikTok beberapa waktu ini menjadi sorotan karena kekhawatiran sebagai alat mata-mata China. Ada kekhawatiran TikTok, di bawah kepemilikan ByteDance terkait ancaman keamanan nasional karena data pemilik Amerika dapat dikirim kembali ke China.

Benarkah TikTok jadi aplikasi mata-mata? Menurut para ahli, bukti menunjukkan bahwa jawabannya bukan, dikutip Businessinsider .

Zoé Vilain, kepala bagian privasi dan muslihat di aplikasi privasi Jumbo mengatakan kepada Business Insider bahwa melihat kebijakan privasi TikTok, itu bukan lebih mengganggu daripada kebijakan Facebook.

“Dari apa yang saya lihat dari kebijakan privasi, dan dibandingkan oleh kebijakan privasi Facebook dan Instagram, saya tidak melihat banyak perbedaan, ” katanya.

“Pada dasarnya mereka mengatakan bahwa mereka menggunakan data penggunaan Kamu, data perilaku, preferensi, teman, kontak, untuk memberi Anda layanan mereka, untuk menyesuaikan layanan, dan tentu saja untuk melakukan periklanan bertarget. Inilah tepatnya yang Facebook sedang bekerja dan Instagram juga melakukannya, ” kata Vilain.

 

Baca juga: Mengapa saat Supermoon Bulan Tampak Membesar?