Site Overlay

Elon Musk Ngaku Positif Corona, Dengan jalan apa Peluncuran Astronaut Crew-1?

ELON Musk, pendiri sekaligus CEO SpaceX, mengumumkan perdana saja menjalani rangkaian tes virus corona (covid-19). Ia melakukan empat kali pengetesan dalam sehari, dan mendapat hasil beragam. Dari empat kali tes, Musk mengaku mendapat dua hasil negatif dan dua hasil positif.

“Diuji untuk covid empat kali hari ini. Dua tes hasilnya negatif, dua hasilnya positif. Pesawat yang sama, tes yang pas, perawat yang sama. Tes antigen cepat dari BD, ” ungkap Elon Musk melalui akun Twitter-nya @elonmusk yang diunggah larut malam kemarin, sebagaimana dikutip dari Space. com , Sabtu (14/11/2020).

Baca juga: Elon Musk 4 Kali Tes Covid-19 dalam Sehari, Hasilnya 2 Negatif dan 2 Positif 

Keadaan Elon Musk tersebut terjadi menjelang peluncuran empat angkasawan Misi Crew-1 ke Stasiun Sungguh Angkasa Internasional (ISS) pada simpulan pekan ini. Misi tersebut adalah hasil kerja sama SpaceX dan NASA. Lalu bagaimana peluncuran angkasawan Crew-1?

Peluncuran SpaceX Crew-1 dengan NASA sendiri dijadwalkan lepas landas dari Badan Antariksa Kennedy di Florida pada Minggu 15 November sekira pada jam 19. 27 EST (0027 GMT pada 16 November). NASA telah berhati-hati tentang kesehatan kru sejak lama sebelum covid-19 mewabah dan telah mengarahkan karyawan bekerja daripada jarak jauh untuk memperlambat persebaran penyakit.

“Ketika seseorang dites positif covid di sini di Pusat Antariksa Kennedy dan di seluruh NASA, kebijakan kami bagi orang tersebut untuk mengarantina dan mengisolasi diri, jadi kami mengantisipasi hal tersebut akan terjadi, ” kata Manajer NASA Jim Bridenstine.

Keterangan ini hadir ketika ditanya tentang tweet Musk yang mencanangkan telah menerima tes positif dan negatif. Bridenstine mengatakan dia telah berbicara dengan Musk dua hari lalu, sebelum masalah pengujian lahir.

“Kami mencari SpaceX untuk melakukan pelacakan kontak yang sesuai. Tentu saja jika tersedia perubahan yang perlu dilakukan, saya akan melihat itu. Tapi saat ini masih sangat dini untuk keahlian apakah ada perubahan yang diperlukan pada saat ini, ” katanya.

Baca juga: Citra Kirana Jadi Satu-satunya Hijabers Indonesia di 100 Most Beautiful Faces

Bridenstine menekankan bahwa dirinya tidak mengetahui adanya kontak antara Musk dan empat astronaut yang dijadwalkan menaiki Crew-1. Astronot NASA Mike Hopkins, Victor Glover, dan Shannon Walker serta astronaut Jepang Soichi Noguchi dijadwalkan tinggal serta bekerja di ISS selama 6, 5 bulan.

Masa ditanya apakah peluncuran akan ditunda jika ada kontak antara Musk dan anggota kru teridentifikasi, Bridenstine menolak untuk mengatakan.