Site Overlay

Itu Rahasia Burung Godwits Bisa Landas Sejauh 12. 200 Km Tanpa Henti

SEEKOR Burung Godwits Punggung Belang (Limosa Lapponica) baru saja memecahkan rekor dunia terbang terjauh dari Alaska ke Selandia Anyar sejauh 12. 200 kilometer atau 7. 580 mil. Penerbangan jauh ini dia lakukan selama 11 hari tanpa henti yang dimulai pada tanggal 16 September.

“Dia terbang di atas lautan terbuka selama berhari-hari di Pasifik Tengah, di mana tidak ada daratan sama sekadar. Kemudian sampai ke Kaledonia Pertama dan Papua Nugini, di mana tempat yang cukup banyak pulau, ” kata Jesse Conklin, pengkaji dari Global Flyway Network, sama dengan dinukil dari IFL Science , Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Burung Ini Pecahkan Rekor Lelap dari Alaska ke Selandia Mutakhir Tanpa Henti 

Adapun rahasia Burung Godwits Punggung Belang bisa terbang sangat jauh karena memang terbiasa dengan migrasi. Setiap tahun mereka berkembang tumbuh di hulu belahan Bumi utara sebelum melakukan perjalanan jauh ke belahan Bumi selatan ketika musim dingin. Peneliti menilai hal itu juga berkat dorongan angin cepat.

Selama perjalanan migrasi, burung ini sering terlihat mengakhiri perjalanan lebih dari 10. 000 km atau 6. 200 mil. Namun, pemecahan rekor ini tampaknya telah memberi pengetahuan lebih jauh.

Sebuah studi di 2010 oleh Lund University pada Swedia menemukan bahwa Godwit Buntut Belang mengonsumsi energi yang sangat sedikit (hanya 0, 41 upah dari berat tubuhnya) dibandingkan spesies burung lain.

Baca juga: 1. 000 Burung Mati Berjatuhan dari Langit 

Burung Godwit Belakang Belang juga memiliki rasio berat badan yang hampir sempurna buat menyelesaikan penerbangan jarak jauh. Beberapa besar berat tubuhnya terdiri sejak lemak.

Selain itu, Burung Godwit Ekor Belang merupakan penerbang cepat berkat bentuk tubuhnya yang sangat aerodinamis. Kelebihan ini bisa membuatnya menempuh jarak jauh dalam waktu relatif singkat.

(han. -)