Site Overlay

Mendekati Tsunami, Kenali Awan Arcus dengan Muncul di Meulaboh Aceh

JAKARTA – Fenomena awan berbentuk seperti tsunami terjadi pada wilayah Meulaboh Aceh pada kemarin pagi. Fenomena ini menjadi viral di media sosial hingga mendatangkan dugaan tidak mendasar seperti daya gempa atau tsunami maupun hal-hal mistis lainnya.

Keberadaan awan ini sebenarnya asli dari pembentukan awan yang berlaku akibat adanya kondisi dinamika suasana. Secara ilmiah dalam dunia Meteorologi, fenomena awan tersebut dinamakan secara awan Arcus.

BMKG menjelaskan, fitur awan Arcus mampu ditemukan di antara jenis gegana Cumulonimbus dan Cumulus. Awan Arcus merupakan awan yang lazim terjadi meskipun frekuensi kejadiannya jarang, secara tinggi dasar awan yang kecil, serta formasi pembentukannya horizontal menjulur seolah-olah seperti gelombang.

Baca juga: Masya Tuhan, Tanda-Tanda Kiamat Dijelaskan dalam Kitab suci alquran dan Sains

Terbentuknya awan Arcus ini dari hasil ketidakstabilan atmosfer pada sepanjang pertemuan massa udara yang lebih dingin dengan massa suasana yang lebih hangat serta lembab sehingga membentuk tipe awan dengan memiliki pola pembentukan horizontal yang memanjang. Kondisi tersebut dapat terjadi salah satunya karena adanya wujud angin laut dalam skala dengan luas mendorong massa udara ke arah daratan.

Namun, meski feomena ini lazim terjadi, awan Arcus ini sanggup menimbulkan angin kencang dan hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir di sekitar pertumbuhan awan. Sehingga masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap potensi suasana cuaca buruk dan dapat selalu meng-update informasi cuaca dari BMKG.

(ahl)

Loading…