Site Overlay

Perdata, Ponsel Murah Disusupi Malware untuk Curi Uang

JAKARTA – Smartphone dengan harga murah mungkin menggiurkan, tetapi pastikan ponsel tersebut menanggung keamanan data pribadi Anda. Dikutip Ubergizmo, ditemukan kasus ponsel dengan banderol harga murah yang bisa menyimpan malware untuk mencuri kekayaan pengguna.

Menurut laporan dari BuzzFeed News, tampaknya smartphone Android murah China dengan dijual di wilayah seperti Afrika benar-benar dilengkapi dengan malware yang akan mencuri uang Anda.

Menurut salah satu pelanggan yang berbicara dengan BuzzFeed, setelah dia membeli telepon yang dimaksud, dia mulai menyadari bahwa dia mendapatkan banyak iklan popup yang mengganggu seruan telepon dan obrolan. Dia juga menemukan bahwa data prabayarnya telah habis.

Penyelidikan lebih lanjut oleh Secure-D menjumpai bahwa malware sebenarnya sudah diinstal sebelumnya, yang berarti bahwa tersebut bukan kesalahan pengguna karena itu datang langsung dari perusahaan tersebut sendiri.

Baca juga: Sejarah Singkat Menghantam Perkembangan Komputer

Tidak jelas apakah ini dikerjakan dengan sengaja atau jika komputer produsen handset sudah terinfeksi malware yang kemudian secara tidak ingat diturunkan ke pelanggan mereka.

Jadi lain kala jika Anda berpikir untuk mengambil smartphone murah, Anda mungkin menetapkan mempertimbangkan kembali.

(ahl)