Site Overlay

Wujud Apogee, ketika Bulan Berada di Titik Terjauh dari Bumi

JAKARTA – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mencanangkan melalui akun Instagram bahwa pada hari ini (9/8/2020) terjadi fenomena Apogee. Fenomena ini ialah iklim di mana Bulan berada pada titik terjauh dengan Bumi.

“Karena orbit bulan berbentuk lonjong, posisi bulan ada kalanya terdekat dengan Bumi (perigee) dan ada kalanya terjauh (apogee). Itu terjadi setiap bulan, ” kata Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin kepada Okezone.

Fenomena ini terjadi secara alami serta tidak ada dampak signifikan terhadap Bumi. “Tidak ada dampak istimewa pada Bumi, ” tambahnya.

Berdasarkan keterangan akun Instagram LAPAN, Bulan akan berada pada bercak terjauh dari Bumi (apogee) di pukul 20. 46. 52 WIB dengan jarak 407. 076 km, iluminasi 69, 8% (fase Benjol Akhir) dan lebar sudut 29, 5 menit busur.

Bulan terletak di konstelasi Pisces ketika apogee. Akan namun, Bulan baru dapat disaksikan masa terbit pada pukul 22. 30 WIB di arah Timur dan terbenam keesokan harinya pada jam 10. 00 WIB di pedoman Barat.

(mrt)

Loading…